Pada kuliah pemrograman dengan menggunakan bahasa Java, telah diajarkan pembuatan program secara prosedural.
Pemrograman prosedural adalah pembuatan program dengan memberikan serangkaian instruksi yang berurutan secara top-down.
Pada pemrograman procedural, program dibedakan antara bagian data dengan bagian instruksi.
PARADIGMA PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Merupakan bahasa pemrograman, tetapi merupakan sebuah paradigma (cara berpikir) baru dalam pembuatan sebuah program.
PBO menitikberatkan pada identifikasi objek-objek yang terlibat dalam sebuah program dan bagaimana objek-objek tersebut berinteraksi.
Pada PBO, program yang dibangun akan dibagi-bagi menjadi objek-objek. Perlu diidentifikasi tentang:
- Objek yang apa yang akan digunakan,
- Data apa saja yang dibutuhkan oleh objek tersebut,
- Bagaimana perilaku dari objek tersebut,
- Bagaimana komunikasi objek satu dengan objek yang lainnya sehingga bisa memecahkan masalah yang diinginkan
Apakah Definisi Pemrograman Berorientasi Objek
Sebuah sistem yang dibangun berdasarkan metoda berorientasi objek adalah sebuah sistem yang komponennya di-enkapsulasi menjadi kelompok data dan fungsi, yang dapat mewarisi atribut dan sifat dari komponen lainnya, dan komponen-komponen tersebut saling berinteraksi satu sama lain.
CLASS (KELAS)
Merupakan definisi statik (kerangka dasar) dari objek yang akan diciptakan, berupa struktur yang mendefinisikan data (property) dan method dari objek. Bisa disebut cetak biru dari objek atau bisa disebut gambaran umum dari benda.
Contoh penamaan kelas: Mobil, Laptop, Anggota, Buku, dll
PROPERTY
Merupakan data atau state yang dimiliki oleh class. Contoh pada class Mobil, memiliki property:- Warna
- Model
- Produsen
Contoh lain, class Anggota, memiliki property: nomor anggota, nama, alamat, telp, daftar buku yang dipinjam.
METHOD
Merupakan behavior (perilaku) sebuah class. Bisa dikatakan sebagai aksi atau tindakan yang bisa dilakukan oleh suatu class. Contoh pada class Mobil,
Contoh Pembuatan Class, Property, dan Method pada Bahasa Pemrograman Java
OBJECT
Merupakan abstraksi dari sesuatu yang mewakili sesuatu pada dunia nyata. Pada bahasa pemrograman, object adalah komponen yang diciptakan dari class (instance of class). Object merupakan entitas pada saat RUN TIME. Object memiliki siklus creation, manipulation, dan destruction. Satu class bisa menghasil banyak object.
Contoh Object pada Bahasa Java:
1
2
3
4
5
6
|
public class MainProgram {
public static void main(String[] args){
Car myCar = new Car();
Car yourCar = new Car();
}
}
|
0 comments:
Post a Comment